Menjaga Kesehatan PC

Postingan ini saya buat hanya sekedar info dan tips aja untuk kalian para newbie yang baru mengenal komputer atau PC (bahasa kerenannya). Pasti banyak dari beberapa kalian yang memiliki komputer tapi kurang tahu untuk merawatnya. Nah disini saya akan memberitahukan sedikit pengalaman yang saya dapat bagaimana cara untuk merawat komputer agar tetap sehat, walaupun komputer saya juga kurang sehat, hehehe..

DEBU: Usahakan anda selalu membersihkan isi dari CPU anda dari kotoran yang namanya debu, jangan hanya luarnya saja, kalo bisa seminggu 1x dibersihinnya atau nggak 2 minggu 1x. Soalnya debu bisa membuat kompi kita menjadi sedikit lebih panas dari biasanya. Bersihinnya cukup menggunakan vacuum cleaner yang menyemprot debu, bukan yang menghisap debu, terus selanjutnya kita bersihkan juga dengan menggunakan koas lembut.

Heatsink: Selanjutnya untuk mengetahui apakah heatsink kita masih bagus atau tidak, bisa kita lihat dari besinya, kalau besinya masih kinclong atau tidak buram karena debu, brarti heatsink tersebut masih bisa menyerap panas dengan baik. Bisa juga kita buktikan dengan uang logam, kita letakan uang logam di depan heatsink, kemudian kita lihat, apakah terdapat bayangannya di heatsink, klo nggak ada berarti heatsink tersebut udah burem dan nggak layak pakai lagi.

DVD: Kalo untuk menjaga kesehatan DVD-Rom atau Optical Drive, dapat kita lakukan dengan mengurangi pemakaian DVD selama berjam-jam, seperti menggunakan DVD untuk menonton film, menginstall 10 game selama 1 hari, dll. Usahakan kita gunakan DVD pada komputer untuk menginstall software saja, kalau pun untuk nonton film DVD ya cukup sekali-sekali saja, jangan terlalu sering, karena itu dapat melemahkan lensa pada DVD tersebut. Lebih baik kita menggunakan DVD untuk menginstall 1 game daripada menonton 1 film, hehee..

HDD: Harddisk merupakan penyimpanan utama pada PC dengan jumlah yang sangat besar. Apabila kesehatan harddisk sudah berkurang, otomatis PC kita menjadi sedikit lemot atau ngelag. Hal tersebut bisa di akibatkan karena kita memakai space dari harddisk secara berlebihan. Usahakan kita sisakan space harddisk sebesar 10/20GB, minimal bisa untuk melakukan disk defragmenter. Hal yang membuat harddisk bertahan lama yaitu suhu dari harddisk tersebut, jika suhu harddisk di antara 40-45 derajat, harddisk dapat bertahan lama, jika suhu harddisk mencapai 45 derajat ke atas atau di bawah 30 derajat, itu dapat memperpendek umur harddisk. Hal yang saya alamin yang membuat harddisk lemot yaitu menginstal game dengan 2x kerja, yaitu di extract dulu baru di install, hal tersebut dapat membuat harddisk menjadi lemot dan panassss, kemudian seringnya melakukan install ulang.

RAM: Kerusakan ram biasanya diakibatkan karena kita terlalu memaksakan kinerjanya, bisa juga di akibatkan karena vga onboard, karena vga onboard mengambil vramnya dari ram. Makanya kita sering melihat kenapa ram kita berkurang, misalkan ram kita 1GB tapi yang terbaca hanya 768MB, hal tersebut terjadi karena sebagian dari memori dipakai untuk vram dari vga onboard. Dan yang mengakibatkan kerusakan yaitu apabila kita memainkan game yang cukup berat atau diluar dari kemampuan ram dan vga onboardnya. Dan juga kita jangan terlalu memaksakan untuk membuka beberapa aplikasi jika ram kita tidak terlalu besar.

Processor: Selama ini sih saya belum dapat pengalaman tentang masalah kerusakan processor, yang pasti untuk menjaga kesehatan processor kita usahakan suhu pada processor untuk tidak panas dan tetap stabil. Apalagi bagi kalian yang suka melakukan overclocking pada procie, kita harus membeli heatsink yang lebih besar agar daya serapnya dapat lebih bagus dari yang biasanya.

Untuk hal lainnya atau jika ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan silahkan ditanyakan pada kotak komentar, selama saya masih bisa menjawab saya usahakan untuk menjawab secepatnya. Dan jika ada kritik dan saran silahkan anda katakan, saya akan terima dengan terbuka karena disini saya juga masih belajar tentang komputer dan dunia IT.  :)
Yang penting agar komputer tetap sehat, anggaplah komputer itu sebagai diri anda sendiri, hehehee..


4 Response to "Menjaga Kesehatan PC"

  1. info bermanfaat, btw ada award buat sahabat

    makmalf says:

    YUppzz . .setuju . .jangan cuma makenya doang . .tapi ngerawatnya juga perlu okay . .?!hehe

    Anonim says:

    thx gan atas kmentarny.. :)

    info yang berguna shob, sedia payung sebelum hujan, sehari ga OL rasanya ga karuan


    salam bloger

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger