Internet Sebagai Media Hiburan

Pada zaman modern ini semua orang pasti sudah tahu apa itu internet, tidak hanya di kalangan orang dewasa dan remaja saja, anak-anak pun pasti sudah tahu dan juga sudah sering menggunakan internet, ya walaupun mereka tidak tahu pasti apa arti dari internet yang sebenarnya tapi setidaknya mereka sudah mulai sedikit mengerti akan cara pemakaiannya dan juga manfaatnya. Arti sebenarnya atau secara harfiah internet (kependekan dari interconnected networking) itu adalah rangakaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. Tapi untuk artikel kali ini saya tidak hanya membahas tentang internet seluruhnya secara mendetail, yang akan saya bahas pada artikel ini  yaitu "Internet Sebagai Media Hiburan", khususnya pada Game Online.

Mungkin pertama kali saat internet diluncurkan, media baru ini hanya digunakan orang-orang untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, tapi semakin lama semakin banyak orang memanfaatkan internet tidak hanya untuk mencari informasi semata tetapi juga digunakan untuk hiburan, seperti halnya kehadiran game online di dunia internet. Semenjak datangnya beberapa game online yang menggunakan fasilitas internet, semakin banyak orang-orang menggunakan fasilitas internet hanya untuk memainkan game online tersebut, tidak hanya dimainkan oleh kalangan anak-anak dan remaja saja tapi beberapa orang dewasa pun juga turut ikut memainkannya. Sebelumnya saya sudah melakukan survei ke beberapa warnet (warung internet) di sekitar rumah saya, ternyata 8 dari 10 warnet yang saya kunjungi menyediakan game online di setiap komputernya dan dikunjungi banyak orang, hanya 2 warnet yang sama sekali tidak menyediakan game online, warnet tersebut hanya menyediakan layanan untuk browsing, dan warnet tersebut peminatnya lebih sedikit dibandingkan dengan warnet yang menyediakan game online. Hal tersebut membuktikan bahwa banyak juga orang-orang yang memanfaatkan internet untuk hiburan.

Bagaiman Teknologi Game Online??

Teknologi yang berjasa untuk mewujudkan game online adalah teknologi seperti Flash dan Java, yang dapat menampilkan video dan audio interaktif pada Interne. Game dapat ditulis dengan bahasa pemrograman yang umum dan telah dikenal seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya.
Salah satu interface berupa peta/map ditawarkan oleh Defense of the Ancient atau sering dikenal dengan DoTA yang populer setelah disertakan pada game Warcraft. Kode DotA terbuka bagi developer yang ingin mengembangkannya sehingga tercipta berbagai varian.
  
Positif atau Negatif...???

Sesuatu yang sedang hangat-hangatnya selalu menuai kontroversi, demikian pula dengan booming game online, apakah membawa para gamer ke arah yang positif atau negatif? Satu hal yang sering dikhawatirkan orang tua pada anak yang kecanduan game adalah ketakutan bahwa anak tersebutmenjadi antisosial dan lupa belajar karena sepanjang hari hanya mengurung diri di kamar. Tetapi dengan jaringan game online, setidaknya dapat tercipta komunitas online sebagai suatu bentuk aktivitas sosial. Bahkan terdapat penelitian bahwa selama bermain game, faktor psikologis dapat berkembang, misalnya memupuk jiwa kepemimpinan dan kerjasama dari bermain game, sehingga tidak selalu bermain game identik dengan hal yang tidak bermanfaat.

Terlebih pada umumnya setiap orang memiliki kesukaan pada jenis game tertentu, tanpa memandang usia, dikarenakan fungsi game itu sendiri sebagai sarana hiburan, sekaligus sebuah industri raksasa yang hadir bersama teknologi. Satu hal yang jelas, jika Anda menemukan suatu kasus di mana game online membawa dampak negatif bagi seseorang, misalnya putera-puteri Anda, sukar rasanya mencoba menghentikan akses game online, sementara mereka (putera dan puteri Anda) setiap hari mendengar informasi game online favorit mereka dari majalah, Internet, dan lingkungannya. Yang perlu Anda lakukan adalah menyikapinya dengan bijak dan memberikan pengertian yang baik, kita tidak perlu mencegah apapun yang mengalir masuk, tetapi kita dapat mengarahkannya agar dapat digunakan dengan baik. Manfaatkan semaksimal mungkin hal positif yang didapatkan dari game online, dan beri pengertian untuk hal yang negatif.









Referensi: http://thayummy.wordpress.com/2010/02/12/teknologi-game-online/


1 Response to "Internet Sebagai Media Hiburan"

  1. Adek says:

    jgn lupa commentny y ^.^

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger