Sejarah Program Perusak Komputer

Teori Virus (1949)
Dalam tesisnya, John von Neumann menyatakan bahwa sebuah program komputer dapat menggandakan diri sendiri.

Standalone Tool (1982)
Rich Skrenta, seorang pelajar berusia 15 tahun, menulis sebuah program dengan nama Elk Cloner yang dapat menyebar melalui sebuah disket. Namun, program ini masih belum memiliki daya rusak.


Virus Pertama (1995)
Dalam disertasinya, Fred Cohen memperkenalkan sebuah program pertama yang benar-benar berfungsi sebagai virus. Virus ini diprogram untuk sistem operasi UNIX.

Pakistan Connection (1986)
Penjual software dari Timur Tengah menyebarluaskan virus DOS pertama. Program ini akan mengubah volume disket, tetapi belum menyebabkan kerusakan besar.

Virus Penghapus (1987)
Virus pertama yang menimbulkan kerusakan permanen. Setiap hari jum'at, tanggal 13 semua file berekstension com dan exe dihapus dari hard disk.

Memory Resident (1987)
Cascade Virus bersembunyi di memori RAM dalam format yang terenkripsi. Penawarnya adalah dengan mematikan PC agar virus dihapus dari memori.

Virus Kit (1988)
Sebuah Virus Construction Kit muncul untuk komputer Atari ST yang sedang populer. Dengan virus ini, pemula pun dapat memprogram virus baru tanpa harus memiliki pengetahuan programming.

Program Antivirus (1989)
Untuk pertama kalinya, muncul sebuah program pertama ke pasaran yang melindungi komputer terhadap virus.

Virus Menang (1992)
Dengan sebuah polymorph program generator, programmer dapat mengenkripsi virus dan menyembunyikannya ke dalam sistem. Banyak produsen antivirus yang menyerah karena mereka tidak dapat menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Michelangelo (1992)
Virus pertama yang mendapat perhatian besar. Pada hari ulang tahun seniman ini, virus menghapus area-area sistem yang kritikal.

Virus Macro (1995)
Program perusak pertama muncul untuk aplikasi Word dan sejenisnya. Lantaran sering terjadi pertukaran dokumen, virus ini menyebar dengan cepat sebagai program perusak yang menyerang sistem operasi.

Ungkapan Sayang sebagai Worm (2000)
"I Love You", worm komputer besar pertama yang menyebar melalui e-mail dan menimbulkan kerugian miliaran hanya dalam beberapa hari dengan cara menghapus semua file pada PC yang terinfeksi.

Tidak Tergantung OS (2002)
Selain aplikasi Windows, generasi virus baru dapat menginfeksi file-file Linux. Program perusak ini mengancam sistem operasi apa saja dan menjadi pionir untuk sebuah generasi virus baru.

Sasser Worm (2004)
Seorang pelajar asal Jerman memprogram sebuah virus yang akan mematikan komputer sehingga menimbulkan kerugian dalam jumlah milliaran dolar.

Ponsel (2004)
Program perusak pertama muncul untuk sistem operasi Pocket PC. Setahun kemudian virus juga muncul pada peringkat Symbian. Sampai saat ini, penyebarannya masih terbilang kecil.

Wireless Worm (2006)
Sekelompok peneliti asal Belanda memperkenalkan sebuah worm yang dapat menyebar melalui gelombang RFID.

Masa Depan (2009)
Alat komunikasi seperti ponsel dan PC semakin menyatu satu sama lain melalui internet. Sistem yang menjadi target program perusak semakin meluas dan menghapus semua data sekaligus. Diperlukan sebuah sistem proteksi virus baru yang sudah terinstall pada semua perangkat mobile.


Sumber: CHIP

0 Response to "Sejarah Program Perusak Komputer"

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger