Array dan Record

Array
Array adalah sekumpulan data sejenis/setipe yang disimpan dalam sebuah variabel berindeks. Tiap indeks atau subkrips menyimpan sebuah nilai. Indeks dapat berbentuk satu dimensi (one dimensional) atau lebih dari satu dimensi (multi dimensional). Indeks terkecil dimulai dari 0.
Cara pendeklarasian veriabel array sama dengan pendeklarasian variabel pada umumnya, yaitu dengan statement DIM hanya nama variabelnya diikuti dengan nilai dalam tanda kurung ( ) yang menunjukkan jangkauan indeksnya, misalnya :

DIM Bil(4) AS INTEGER
DIM Nama(2,2) AS STING*15
DIM Matrik (4,3,2) AS SINGLE


Record

Record adalah data terstruktur yang mengandung sekumpulan data yang berbeda jenis atau tipe yang disimpan dalam sebuah tipe data. Sekumpulan data ini kemudian disebut sebagai field-field dari record. Record adalah tipe data yang bisa dibuat oleh user sendiri. Selanjutnya tipe data ini digunakan untuk mendeklarasikan variabel sama seperti tipe data yang ada.
Untuk mendeklarasikan tipe record digunakan statement TYPE. Field-fieldnya didefinisikan setelah TYPE ini, tanpa menggunakan DIM. Bentuk umum statement TYPE :
TYPE usertype
          Elemen1 AS Tipedata
          [Elemen2 AS Tipedata]
          .....
END TYPE

0 Response to "Array dan Record"

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger