Media Baru (New Media)


Aplikasi www (world wide web) di internet merupakan suatu media jenis baru. Hal itu didorong oleh kekuatan teknologi internet yang dapat menembus batas geografis sehingga kita dapat mencari informasi atau berkomunikasi dengan mudah tanpa harus bersusah payah. Ini disebut media baru karena internet tidak seperti media yang lainnya (media sebelumnya), seperti koran yang berguna untuk media informasi, telefon sebagai media komunikasi, dan lainnya.

Dengan munculnya aplikasi lain yang memanfaatkan internet yaitu mesin pencari(search engine) seperti google, yahoo, dan lainnya, media baru juga menjanjikan pengarsipan yang memudahkan orang mencari berita atau artikel yang sudah lama ditampilkan. Kedua hal ini memungkinkan seseorang untuk mengakses informasi secara global dan pengarsipan, sehingga ini menjadi keunggulan dari media baru.

Keunggulan lain yang membuat internet semakin banyak dipilih adalah susahnya kontrol dari pemerintah. Awal kehadiran internet, undang-undang mengenai penerbitan digital belum ada. Maka kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat begitu bebas bagaikan tanpa batas. Media di internet menawarkan alternatif tanpa sensor dimana orang dapat lebih bebas mengungkapkan pendapatnya masing-masing. Keadaan seperti ini oleh sebagian orang atau institusi dipakai untuk menawarkan pemikiran yang berseberangan dengan peraturan pemerintah. Hal ini memunculkan permasalahan di bidang hukum yang segera direspon oleh pemerintahan dengan munculnya undang-undang yang mengatur permasalahan terkait teknologi digital agar tidak terjadi pencemaran nama baik yang dikarenakan terlalu bebasnya seseorang berpendapat di dunia maya yaitu internet. Kemunculan undang-undang mengenai informasi secara elektronik (digital) juga baru disahkan di Indonesia tahun ini, melalui Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Masalah hukum pada dunia internet ini juga berdampak luas pada kejahatan melalui internet dan perlindungan hak cipta yang tidak bisa dibahas lebih lanjut pada penelitian ini.

Internet sebagai media baru seperti di atas awalnya memang hanya digunakan untuk memindahkan edisi cetak menjadi edisi online supaya lebih mudah dibaca oleh banyak orang tanpa harus mengeluarkan biaya mahal dan distribusi pun semakin mudah.. Namun dengan munculnya aplikasi Web 2.0 menyadarkan semakin banyak praktisi media dan internet akan keunggulan lain media baru ini. Media ini menjadi baru bukan hanya karena kemudahan distribusi, pengarsipan, dan biayanya murah, tetapi lebih karena kemampuannya yang dapat mengirimkan konten multimedia dan kemudahan interaksi antara pembaca dan penulis.

Dalam penelitiannya, FAD Research, sebuah lembaga riset media di Kanada, menuliskan bahwa interaktifitas ini mengijinkan pengguna (pembaca) dapat melakukan banyak kontrol terhadap konten yang ditampilkan. Interaktifitas inilah yang benar-benar membedakan fitur media baru dengan media lama *).

Sistem baru dengan adanya media baru yang mengusung interaktifitas tidak hanya membuat pembaca dapat memberikan komentar terhadap artikel yang diterbitkan, lebih dari itu bahkan mereka dimampukan untuk menulis sendiri artikel untuk ditayangkan oleh media tersebut. Sistem inilah yang kemudian dikenal dengan user generated content atau konten yang dibuat oleh pengguna. Media sebagai penerbit menayangkan artikel yang sudah diedit oleh tim redaksi, ada pula media yang secara ekstrim menampilkan semua artikel apa adanya, tim redaksi hanya menjadi pengatur penayangan artikel tersebut.

Media Sosial digunakan ketika aplikasi Web 2.0 digunakan oleh suatu situs untuk membentuk jejaring antarteman, biasa disebut juga sebagai situs pertemanan seperti friendster, facebook, YM, dan lainnya. Dalam suatu media sosial, anggota komunitas suatu situs tidak hanya sekadar dapat menanggapi konten atau mengirimkan konten, melainkan juga membangun relasi antar-anggota.



*)FAD Research, Changing Media, Changing Roles: New Media Comes of Ages, FAD Research, Canada, 2006


Referensi:
http://www.newmedia.web.id

0 Response to "Media Baru (New Media)"

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger