Keunggulan Aplikasi Web 2.0


Berbagai macam bisnis dengan memanfaatkan teknologi Web 2.0 saat ini semakin berkembang. Meskipun tidak sedikit yang mengatakan bisnis aplikasi Web 2.0 masih belum kelihatan keuntungannya. BusinessWeek dalam suatu artikelnya tentang “The My Space Generation” mengatakan bisnis jejaring sosial semacam MySpace atau Facebook tidak terlihat memiliki model bisnis [1].

Terbitan BusinessWeek 2 Juni 2008 mengulas sekali lagi tentang blog dan Web 2.0. Dalam terbitan itu BusinessWeek “mengoreksi” artikel utama terbitan 2005 yang berjudul “Blog Mengubah Bisnis Anda” menjadi “Media Sosial Mengubah Bisnis Anda”. Hal ini merupakan penegasan dari redaksi BusinessWeek tentang betapa besarnya pengaruh Web 2.0 atau yang mereka sebut “Media Sosial” dalam dunia bisnis. Model bisnis aplikasi Web 2.0 kini semakin diakui, mulai dari bentuk blog, jejaring sosial, konten multimedia berbasis kiriman pengguna, hingga media berbasis citizen journalism. Model bisnis Web 2.0 dengan bantuan teknologi internet bisa dimulai dari modal awal yang kecil, banyak contoh bahkan sebagian besar yang mengawali bisnis ini dari perorangan atau beberapa orang yang sekarang bernilai jutaan dollar, misalnya Facebook, Google, dan YouTube. Banyak pula perusahaan besar, utamanya perusahaan media cetak konvensional, mengubah model bisnisnya menjadi media online, kemudian mengubahnya lagi menggunakan aplikasi Web 2.0 atau disebut media baru.

Modal awal yang kecil dan teknologi dengan standar yang terbuka membuat halangan untuk masuk ke bisnis yang sama menjadi rendah. Hal ini berarti persaingan semakin ketat. Meski terlihat banyak yang meraih sukses dengan aplikasi Web 2.0 ini, namun tidak sedikit yang gagal. Untuk itu perlu model bisnis yang tepat dan kemampuan untuk mengembangkan model bisnis mengikuti perkembangan yang ada sangat penting. Untuk melakukan analisis model bisnis aplikasi Web 2.0 maka perlu mengingat kembali potensi kekuatan dan keunggulan teknologi yang dipakai oleh aplikasi Web 2.0. Model bisnis terutama dipakai untuk menjawab bagaimana suatu bisnis memperoleh pemasukan. Model ini juga menampakkan bagaimana interaksi perusahaan dengan mitra bisnis dan pelanggan.

Model bisnis aplikasi Web 2.0 akan memperlihatkan interaksi yang semakin aktif dari ketiganya. Pelanggan atau pengguna tidak hanya pihak yang pasif tetapi bahkan meningkat menjadi mitra yang juga dimampukan turut memproduksi konten dan saling berinteraksi serta bekerjasama dengan pengguna lain. Interaksi yang semakin aktif antarpihak ini menjadi salahsatu kekuatan Web 2.0 sehingga perlu model bisnis dan strategi khusus untuk mengoptimalkan potensi semua pihak yang sebelumnya belum terpikirkan.
Kita perlu melihat keunggulan Web 2.0 yang potensial menghasilkan pemasukan bagi perusahaan sebelum melihat berbagai model bisnis yang diterapkan oleh berbagai perusahaan.


[1] Jessi Hempel, The My Space Generation, BusinessWeek, 12 Desember 2005, http://www.businessweek.com/magazine/content/05_50/b3963001.htm diakses pada 11 Juni 2008.



Referensi:
http://www.newmedia.web.id

0 Response to "Keunggulan Aplikasi Web 2.0"

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger