THE FUNDAMENTALS of GRAPHIC DESIGN by Gravin Ambrose & Paul Harris

Desain Grafis sebagai sebuah disiplin ilmu
 
          Desain grafis adalah suatu disiplin yang luas yang mencakup berbagai aspek dan elemen. Disini dibutuhkan ide-ide, konsep, teks dan gambar dan menyajikan mereka dalam visual menarik terbentuk melalui media cetak, elektronik atau lainnya.Yang bertujuan untuk memfasilitasi dan mempermudah proses komunikasi, dan dapat mengoptimalkan kemungkinan bahwa pesan akan diterima dan dipahami oleh target penonton.
  
Selain itu, desain grafis juga merupakan seni visual kreatif seperti arah seni, tipografi, tata letak halaman, teknologi informasi, dan aspek kreatif lainnya. Seorang desainer haruslah dapat memenuhi desain singkat dan melaksanakan pekerjaannya sebagai suatu perdagangan yang anakronistis dan terbatas untuk memahami perannya dalam proses produksi cetak dan digital.  
 
Pengaruh & Elemen Kreatif
 
          Desain grafis merupakan sebuah proses multidisiplin yang mengacu pada sumber - sumber kreatif. Sebagian melihatnya sebagai sebuah kerajinan yang merupakan perdagangan dari pencetakan tradisional & penerbitan. Aspek - aspek yang perlu diperhatikan dalam pengaruhnya disini antara lain : industri, teknologi, konsumerisme, indentitas & branding, tanggung jawab sosial, modernisme & postmodernisme, nostalgia & retorika, semiotika, dan bahasa daerah.

Proses desain grafis
 
          Dalam proses desain grafis melibatkan semua langkah yang diperlukan untuk menghasilkan hasil yang optimal dan sesuai dengan keinginan, yang perlu diperhatikan dalam proses ini antara lain : singkat, artikulasi desain, sumber inspirasi, desain sebagai pemecahan masalah, ide kreatif, humor, lapisan makna, pembangunan & eksperimentasi, arah seni, prototype, komisioning seni.

Pengiriman pesan
 
          Desain grafis disajikan untuk target penonton melalui berbagai media dari cetak selebaran untuk poster dan website. untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan disini antara lain : pencetakan, informasi desain, pengemasan, desain layar, serta lingkungan desain.
 
Pengadaan Pekerjaan
 
          Dalam bidang desain grafis, seorang desainer mendapatkan komisi melalui promosi dari desain mereka itu sendiri. Dimulai dengan melakukan penelitian yang memadai. Seorang desainer harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang sifat kliennya. 
 
Proses produksi
 
        Desain grafis digunakan untuk membuat & menghasilkan desain yang efektif, selain itu dapat juga dijadikan sebagai ekspresi dan saluran dari ide - ide kreatif melalui proses pencetakan atau untuk elektronik aplikasi, seperti halaman web. untuk itu hal yang diperlukan untuk memproduksi suatu desain antar lain : peralatan dasar, spesialist warna, format berkas, dan tahap akhir pencetakan.
 
 
 

0 Response to "THE FUNDAMENTALS of GRAPHIC DESIGN by Gravin Ambrose & Paul Harris"

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger