Fungsi Heatsink

Udah lama nih nggak bikin postingan baru, berhubung bingung pengen ngposting apaan, ya udah akhirnya saya putuskan untuk membahas fungsi dari heatsink, disini saya cuman pengen cuap-cuap sedikit aja daripada nggak ada postingan baru sama sekali, hehehee...

Setahu saya heatsink itu adalah pendingin yang terbuat dari alumunium atau tembaga yang sudah di design khusus untuk dapat mendinginkan CPU. Biasanya heatsink digunakan untuk mendinginkan processor, chipset dan mosfet pada motherboard. Lalu info yang saya dapat bahwa kinerja heatsink bergantung pada aero flow di dalam casing, jadi apabila tidak ada aliran udara maka panas tidak dapat dihantarkan kepada heatsink, oleh sebab itu heatsink yang digunakan untuk processor terdapat kipas (fan) di atasny atau sering disebut HSF (Heatsink Fan) untuk mempercepat proses transfer panas.

Lalu apakah perlu kita mengganti heatsink processor kita yang masih standard dari pabrik?? Kalo menurut saya sih sebagai pengguna AMD, gamer dan overclocker, tentunya kita perlu mengganti heatsink processor standard dengan heatsink yang lebih besar, karena suhu panas adalah musuh utama dari processor kita jadi apabila processor kita kepanasan tentunya akan memperpendek umur processor tersebut. Berikut salah satu gambar heatsink Prolimatech Megahalem, heatsink ini merupakan salah satu incaran saya tahun ini, hehehee..















Mungkin cukup sekian cuap-cuap dari saya, untuk para sahabat yang membaca artikel ini mohon kritik dan sarannya y.. :-D

11 Response to "Fungsi Heatsink"

  1. betul banget sob....nice info....

    ichal says:

    berkunjung....mantap info mas....di tunggu kunjungan baliknya

    taufan says:

    yoi dah mantab adek blognya. kayanya tau bnyak nih tentang hardware. heheh.

    postingannya mantap buat nambah pengetahuan gw yg ga tau sama sekali ttg hardware nih..

    thanks

    squidy says:

    klo tidak untuk di upgrate apakah perlu juga heatsinknya diganti??? saya pakai intel.:D

    Adek says:

    y trgantung kbutuhan sobat, klo komputer sobat tidak d overclock, saya kira nggak perlu, apalagi untuk Intel suhuny lebih dingin dibanding AMD, itu c mnurut saya, hehehee.. :D

    ipin says:

    wah gede amaatt heatsink nya tuhhh

    Betul sob. bila perlu pake fan tambahan, kipas angin yg besar biar kedinginan :D
    Thanks sharingnya

    afriandi says:

    Wah, si Adek keren banget nih heatsink prosesornya, hehe, maen game lagi lah kita, hehehe :D

    kalau pasta fungsi nya apa

    Adek says:

    pasta fungsiny juga untuk mendinginkan chip processorny sobat, nah hsf untuk pnghantar panasny, itu c yg ane tau >>> nubie

    :D

    Unknown says:

    mantap mas

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger