Apa itu bottleneck????


Sering kita mendengar istilah bottleneck, tapi kita terkadang bingung bottleneck itu apa?? Bottleneck jika bila diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara 'kasar', artinya adalah penyempitan jalur. Lihat saja gambar di samping ini yang terlihat seperti leher botol, selalu menyempit daripada badannya, perumpamaan ini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Ketika diterapkan dalam lalu lintas, bottleneck adalah penyempitan lebar jalan dari kondisi lebar jalan yang normal [entah karena gangguan, perbaikan jalan atau masalah yang lain], di salah satu titik/ruas jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan atau perlambatan arus lalu lintas.

Bottleneck Pada Hardware Komputer

Tidak ada yang menginginkan terjadinya bottleneck. Namun kondisi ini bisa terjadi pada seluruh komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah komputer itu bekerja secara optimal. Bagaimana tidak?? Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang katakanlah bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau, spesifikasinya tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system. Seperti contoh hardware Processor Core 2 Duo E7400 2.8 GHz di dampingi dengan VGA HD 4870 1GB, hasil yang didapatkan menjadi tidak memuaskan yaitu kinerja dari VGA tersebut menjadi tidak maksimal, dengan menggunakan GPU-Z terlihat bahwa pixel fillrate hanya 4.0 GPixel/s, yang standardnya 12 dan Texture fillrate hanya 10.GTexel/s yang standardnya 30, hal tersebut saya alami sendiri, hehe...

Jadi, bagi kalian yang ingin mengupgrade komputer labih baik di teliti terlebih dahulu spesifikasi komputer anda sebelumnya, apakah hardware komputer anda dapat menyeimbangi kinerja hardware baru yang ingin anda beli, agar kinerja komputer anda tidak mengalami bottleneck dan dapat bekerja maksimal.




Referensi:
http://exiostbyte.blogspot.com/2008/10/apa-itu-bottleneck-bottleneck-adalah.html

2 Response to "Apa itu bottleneck????"

  1. sai says:

    jgn lupa commentny y

    makmalf says:

    thanks infonya kawan . .
    :)

Posting Komentar

Followers

Powered by Blogger